Senin, 21 Desember 2015

Burung Lovebird Biar Ngekek Di Kasih Apa? Inilah Jawabnya

Semua orang tentu menginginkan burung lovebirdnya ngekek panjang, karena dengan ngekek burung tersebut dapat mengikuti pentas lomba kicau burung. Namun apakah semudah itu? Tentu tidak, karena semua itu membutuhkan proses berbulan – bulan semenjak telur menjadi embrio.
Lovebird Ngekek
Cara Lovebird Ngekek

Banyak orang awam selalu salah kaprah mengenai burung ngekek, sebenarnya burung ngekek atau gacor dibedakan menjadi dua yaitu :

1.Ngekek Panjang
Ngekek panjang merupakan kelebihan burung dalam menahan kicaunya berkisar rata – rata diatas satu menit ke atas. Disisi ngekek panjang juga memiliki kelemahan ketika di perlombaan yaitu banyak diamnya sehingga berakibat kehilangan point saat burung diberikan nilai oleh juri.

2. Ngekek Standar
Ngekek standar adalah keahlian burung lovebird dalam menahan kicaunya dengan rata – rata kurang dari 40 detik. Dengan faktor penahanan suara kicau yang tidak terlalu berlebihan dan biasanya rajin berbunyi, maka burung tersebut lebih baik mendapat nominasi juara dari pada ngekek panjang namun malas berbunyi.

Lantas Di Kasih Seperti Apa Biar Lovebird Ngekek?
Untuk standarnya ada dua yang harus diberikan burung lovebird agar dapat ngekek, apakah itu?

1. Yang pertama adalah dari segi pelatihan
Melatih memang membutuhkan kesabaran dan konsisten yang tinggi, karena melatih yang baik menurut para jawara adalah saat telur sudah menjadi embrio.

Bagaimana caranya?
  • Melatih Saat Embrio. Para jawara percaya bahwa melatih saat embrio di dalam telur juga mempengaruhi meski hanya berkisar 10 -15 persen, seperti layaknya bayi manusia yang dibacakan al-quran yang konon bayinya juga akan lebih baik dari pada tidak melakukan sama sekali.
Melatih lovebird embrio sangat mudah, yaitu dengan membunyikan suara burung lovebird ngekek setiap pagi dan malam saja selama 20 menitan.
  • Melatih Sesudah Menetes. Melatih saat menetas juga dapat mempengaruhinya bahkan seperti gelas kosong yang belum terisi. Hanya cukup membunyikan suara mp3 burung lovebird ngekek selama 30 menitan dari pagi, siang dan sore ataupun juga bisa dilakukan dengan mendekatkan burung lovebird sekitar yang kicaunya sangat tajam.

2. Pakan Atau Makanan Lovebird Untuk Cepat Ngekek.
Ada dua pendapat dari segi makanan lovebird, yang pertama menggunakan makanan kalengan seperti benelux primus (yang paling laris), namun ada juga yang berpendapat makanan alami dan segar lebih baik nutrisinya.
Pakan Burung Lovebird Biar Ngekek
Pakan Burung Lovebird Biar Ngekek

Benelux Primus merupakan makanan khusus lovebird dan burung lainnya yang sudah berdiri lama semenjak tahun 1930 memiliki kandungan sebagai berikut :
  • Canary Seeds
  • Lin Seeds
  • Milet kuning
  • Vitamin biskuit
  • Safflowers seeds
  • Fumayin
  • Milet jepang
  • Dan campuran bahan lainnya

Harga Rp 25.000 - 32.000 / Kaleng (tergantung daerah masing – masing)

Berikut Ini Tips Membuat Konversi Makanan Lovebird Ke Alami :
  • Belilah pakan burung lovebird di tempat burung terdekat, bentuknya biji – bijian (boleh yang bermerk ataupun kiloan)
  • Biji biji tersebut kemudian di tanam ke tanah basah, setelah 1 hingga 2 minggu kemudian akan muncul tanaman serabut biji bijian.
  • Cabut serabut biji bijian tersebut kemudian basahi sedikit, berikan langsung ke burung lovebird anda. Dijamin pakan seperti pasti lahap dimakan dari pada yang bermerk, karena masih segar.
Hasil akhir tanaman serabutnya (milet) seperti gambar di bawah ini.
Pakan Alami Dengan Tips Konversi
Pakan Alami Dengan Tips Konversi

Tambahan Makanan Alami :
  • Kangkung
  • Jagung

3. Perawatan Harian
  • Jemur Setiap Pagi, lovebird sangat menyukai cahaya matahari di pagi hari pukul 06 hingga 9 pagi, tanda tandanya adalah lovebird sangat ngoceh di saat itu.
  • Mandikan Burung / Semprot. Untuk menghilangkan kutu kutu biasanya menambahkan daun jambu biji yang sudah di rebus, kemudian di dinginkan. Setelah 5 menit kemudian bilas dengan semprotan air murni tanpa campuran.
  • Malam hari sempatkan 5 - 10 menit untuk membunyikan mp3 suara ngekek.

4. Kehatan
Kesehatan adalah masalah utama dari burung biasanya dipengaruhi oleh kebersihan kandang, bila memiliki dana lebih lakukan vaksin 1 bulan sekali di kandang, namun bila tidak sebaiknya bersihkan kandang setiap hari.

Pemberian vitamin biasanya dilakukan ketika burung tersebut lesu atau terlihat agak sakit, namun bila anda memakai makanan alami hal ini tidak diperlukan, karena sudah terkandung gizi lebih dari cukup. Vitamin yang terkenal adalah Ebod Vit dan dapat digunakan untuk multivitamin sehari harinya.



Contoh Video lovebird ngekek :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar