Rabu, 09 Desember 2015

4 Cara Merawat Burung Merpati Balap Lomba Yang Benar

Cara merawat burung merpati balap yang bagus bukan dilihat dari segi makan dan perawatan si burung terserbut akan tetapi bagaimana anda cara anda melatihnya juga. Burung merpati memang merupakan satu – satunya burung yang dapat digunakan untuk sprint atau balap, hal ini karena menjinakkan merpati itu sangat mudah.

Berikut Ini Cara Merawat Merpati Balap Dari Segi Makanan

Untuk merawat burung merpati memang sulit – sulit gampang, namun juga harus hati – hati, terlalu berlebihan juga jelek terlalu sedikit juga jelek. Merpati jenis balap memang memiliki kemampuan khusus yaitu terbang dengan tinggi dari pada merpati biasa, maka dari itu perawatannya berbeda. Berikut ini cara merawat merpati balap dari segi makanan :

1. Pemberian Makanan Yang Beda – Beda Jenis
Kebanyakan para peternak merpati hanya memberi satu jenis pakan biji bijian seperti jagung saja, kedelai kedelai saja dan sebagainya. Namun setelah dibeli oleh pemelihara untuk digunakan lomba merpati balap, menurut survey, ternyata para pelomba memiliki tips sendiri dalam memberikan asupan pada merpati kesayangannya yaitu memberi makan jagung, gabah, beras merah, beras putih, beras ketan, kacang hijau, kedelai, dan kacang tanah.
Makanan Biji Bijian - cara merawat burung merpati balap
Makanan Biji Bijian - cara merawat burung merpati balap

Kok bisa sebanyak itu?

Inilah alasannya, para pelomba yang jago – jago dan telah mendapat juara sertifikat ternyata membagikan tipsnya :

Secara logis seperti manusia, bila diberikan asupan mie instans terus menerus juga berdampak burung karena kandungan karbohidrat yang didapat.

Jagung merupakan makanan favorit yang mengandung asam amino paling lengkap (lysine, methionine). Namun jagung memiliki sisi kekurangan yaitu pada gizi kandungannya, lysine sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, kalsium, antibodi dan mengurangi pusing pada merpati sedangkan methionine pada jagung berguna untuk pertumbuhan.

Lantas bagaimana mencukupi kandungan protein untuk merpati?
Para pelomba yang jago – jago mencampurkan gabah, beras merah, beras putih, ketan dan pakan lainnya. Namun untuk standarnya 5Kg jagung, 2 kg kacang dan 3 kg gabar dicampur menjadi satu.

2. Pemberian Vitamin Yang Teratur
Bila anda belum mengetahui 8 jenis penyakit burung merpati pada umumnya silahkan baca lebih dahulu hal ini memang merpati sangat rentan terkena penyakit hal itu ada 3 faktor yang mempengaruhi yaitu : kebersihan, vitamin daya tahan tubuh dan stress.

Vitamin Burung Merpati Ramuan Alami - cara merawat burung merpati balap
Vitamin Burung Merpati Ramuan Alami - cara merawat burung merpati balap
Vitamin memang dapat bervariasi, ada yang menggunakan vitamin sintetis yang dijual di pasaran burung namun ada juga yang alami. Meski yang alami sangat ribet namun bermanfaat dan tanpa efek samping, maka dari itu para pelatih merpati memilih yang alami.

Berikut ini racikannya :
  • Ceplok telur bebek, dan singkirkan putih telurnya
  • Kuning telur di campur dengan madu (madu asli bukan yang murahan)
  • Tambahkan vitamin minyak ikan, vitamin A, B, dan C
  • Di aduk dan cekokin di burung tersebut
Penggunaan vitamin jangan terlalu berlebihan yaitu 2x dalam seminggu saja


3. Merawat Burung Merpati Balap Dari Segi Kebersihan Kandang
Ingat 80% merpati anda sakit gara – gara kandang, baca 8 jenis penyakit burung merpati pada umumnya. Ketika sakit dan sembuh total, akurasi burung juga menurun dan tidak dapat kembali sempurna.
Cara merawat burung merpati balap dari segi kandang memang sangat ribet, ada tiga cara yang harus anda lakukan setiap hari, yaitu mencuci tempat minum, pakan, dan membersihkan kotorannya.
Kebersihan Kandang - cara merawat burung merpati balap
Kebersihan Kandang - cara merawat burung merpati balap

Jangan lupa setiap 2 minggu sekali menyemprotkan desinfektan / vaksin / obat penyemprot kanadng untuk membunuh bakteri – bakteri.

Bila anda lewatkan point yang ketiga ini, maka akibatnya sangat fatal. Tahukah anda penyebab burung anda letih, lesu, kurus padahal makanan yang anda asupi sangat mencukupi bahkan lebih? Jawabannya adalah
90% perkembangan kuman –kuman, bakteri, jamur, terutama adalah parasit putih – putih yang sering menggerogoti isi perut merpati adalah gara – gara kandang, 10 persen lagi di dapat dari area basah, dan debu.


4. Merawat Burung Merpati Balap Dari Segi Latihan
Ada banyak tips melatih burung merpati di media internet maupun bergaul dengan para mastah merpati. Standartnya melatih burung merpati dengan jarak terdekat 1 hingga 2 meter setelah itu dilanjutkan hingga 30 meter.
Latihan Merpati Balap - cara merawat burung merpati balap
Latihan Merpati Balap - cara merawat burung merpati balap

Berikut ini caranya :
  • Langkah Awal (Baru Beli). Pegangi burung jantan, naik turunkan dari kandang jantan ke betina. Hal ini berguna untuk membiasakan sang jantan tidak malas ke betina. Bila sampai 50 kali lebih istirahatkan dan ulangi terus menerus hingga terlihat seperti calon pasangan yang tidak terpisahkan.
  • Langkah Kedua. Pisahkan jantan dan betina dengan jarak 1 meter, setelah itu betina yang dipegang (ditatak di tanah) dan jantan dilepas. Lakukan berulang kali hingga kecepatannya ok dan tidak berkelak kelok.
Istirahatkan sejenak, dan tambah jaraknya 3 meter, lakukan seperti cara yang sama, lurus ok, kecepatan ok dan pendaratan ok, tambahkan jaraknya 5 meter, 7 meter, 11 meter dan seterusnya. Ingat jangan terlalu berlebihan karena dapat membuat burung capek dan sakit.
  • Langkah Ketiga. Bila dalam jangka 70 meter keatas, silahkan lihat baik – baik dan beri nilai sendiri, bagaimana burung tersebut sampai ke betinanya, apakah berkelok – kelok, shoot kendorm ataupun cepat kelelahan.

Tips melatih burung kuncinya hanya satu yaitu konsisten dan sabar alias tidak terburu – buru, dan lakukan setiap hari selama 1 – 2 jam tergantung daya tahan merpati anda jangan memaksanakan terbang berlebihan.



Satu hal yang terpenting, sayangi merpati anda karena kelak akan membuat senyum anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar