Selasa, 15 Desember 2015

Burung Merpati Warna Menurut Karakternya

Mengetahui karakter merpati dari bulu warna memang bisa, bahkan 80 persen dari pemelihara sudah membuktikannya seperti warna blorok memiliki sifat yang tidak terlalu jago dalam lomba balap.

Bagi jawara – jawara tentu ngomongin burung merupakan keseruan yang tidak ada habis – habisnya seperti karakteristik sifat melalui warna bulunya atau bahkan membaca bola mata merpati.

Hari demi hari, kesimpulan demi kesimpulan pun terkumpul, berikut ini kriteria merpati menurut bulu warnanya :

1. Merpati Warna Kelabu
Kelabu merupakan merpati yang sering kita temui, karakternya yaitu sangat jinak, penurut, pintar, mudah memahami lingkungan dan sangat mudah dilatih
Warna Kelabu - karakter burung merpati
Warna Kelabu - karakter burung merpati


2. Merpati Warna Blorok
Merpati blorok merupakan merpati yang memiliki warna tidak rapi / tidak karuan / campur aduk. Merpati ini sangat pintar dalam menghafal majikan dan mengetahui lingkungannya, dalam melatih 3 – 4 hari saja burung sejenis warna blorok ini sudah mengetahui tempat pulang ke kandangnya.
Warna Blorok - karakter burung merpati
Warna Blorok - karakter burung merpati


3. Megan
Burung ini memiliki karakter istimewa, baik dari bulunya yang memiliki strip antara 2 – 3 tapi juga memiliki karakter berupa insting pulang yang lebih kuat dari pada merpati blorok, tak hanya itu burung ini juga memiliki stamina yang tinggi kurang lebih 45 Km. Untuk sisi kelemahannya terletak pada sisi menukiknya, apalagi disaat pendaratan.
Warna Megan - karakter burung merpati
Warna Megan - karakter burung merpati


4. Merpati Warna Hitam Meles
Warna hitam meles diyakini oleh jawara mempunyai insting yang baik untuk pulang, kelebihan pada merpati warna hitam meles adalah manuver di udara, terbang tinggi (dibawah rata – rata burung megan) akan tetapi manuver menukiknya sangat hebat.
Warna Hitam Meles - karakter burung merpati
Warna Hitam Meles - karakter burung merpati


5. Merpati Warna Tritis
Merupakan warna burung yang sangat istimewa, terkadang para pengagum pigeonlovers lebih memilih tritis untuk merpati hiasnya, memang memiliki kelemahan pada sisi balap akan tetapi menang di sisi kontes keindahannya. Harga burung ini sangat mahal, belum lagi ditambah prestasi, ataupun gen keturunannya yang memiliki bulu yang menarik.
Warna Tritis - karakter burung merpati
Warna Tritis - karakter burung merpati


6. Putih
Warna putih? Memang para geber mania merpati sudah bosan melihatnya, namun bagi kalangan penonton justru mengundang minat karena terlihat tampak bersih, segar dan enak dipandang.
Warna Putih - karakter burung merpati
Warna Putih - karakter burung merpati


7.  Merpati Warna Plontang
Menurut karakternya burung ini diyakini sejak lahir sudah memiliki masalah berat, maka dari itu warnanya plontang entah banyak yang berpendapat begitu.

Meski dianggap plontang, performa burung ini sangat tinggi ketika di udara, akan tetapi saat menukik sangat kurang baik, kira – kira 27 persen. Maka dari itu para geber lebih menyukai burung ini untuk hias di rumah saja.
Warna Plontang - karakter burung merpati
Warna Plontang - karakter burung merpati


8. Merpati Warna Tlampik
Tlampik merupakan sebutan kombinasi dua warna dari induknya, perpaduan warna berbeda dengan blorok yang tidak karuan, tlampik justru lebih rapi.
Warna Tlampik - karakter burung merpati
Warna Tlampik - karakter burung merpati

Karakter sifat merpati ini cenderung nurut, insting yang sama dengan blorok, dan mudah dikenalkan dengan kandangnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar