Jumat, 27 November 2015

Jenis Burung Merpati Tinggian Aduan [Ulasan Sederhana]

Jenis Burung MerpatiBurung merpati sebenarnya merupakan jenis burung semi liar yang dapat hidup sendiri, merawat burung tersebut sangatlah mudah dan tidak terlalu sulit dalam mengenalkan ke majikannya.

Bila merawat merpati anda tidak perlu mengurungnya setiap hari, bahkan anda tidak perlu membuat kandang yang tertutup, cukup buatlah kandang yang terdapat pintu keluar masuk karena burung tersebut bila sudah mengenal pasangan dan majikan, akan pulang sendiri meski beterbangan di atas atap, pepohonan dan dijalan.

Berikut ini silahkan lihat cuplikan video seorang peternak burung merpati : https://www.youtube.com/watch?v=duIbX3tKTNQ

Jenis Burung Merpati Tinggian Untuk Lomba Yang Bagus

Bila sudah mengenal merpati pada umumnya, ada juga merpati khusus yang digunakan untuk lomba atau aduan yaitu merpati tinggian. Ciri merpati tinggian yang paling bagus sebenarnya banyak sekali karena menurut versi masing – masing, maka dari itulah para hobi merpati menjadikan perdebatan yang sudah klasik dan asik dalam menjalin kerukunan sesama hobi merpati.

Ciri merpati tinggian diantaranya adalah :

1. Bentuk Kepala Merpati Tinggian
Menurut perbedebatan kalangan hobi merpati, ada dua jenis kepala yang masing – masing memiliki keunggulan masing – masing :
  • Batok kepala lebih besar dan memiliki kemiringan 90 derajat, merupakan jenis burung merpati tinggian yang ahli dalam pendaratan dari atas kebawah (arah jam 12.00)
  • Batok kepala lebih besar dan memiliki kemiringan 45  - 60 derajat, merupakan jenis burung merpati tinggian yang ahli dalam pendaratan dari arah manapun.
Bila anda bingung, lihat gambar dibawah ini :
Bentuk Kepala - jenis burung merpati tinggian yang bagus
Bentuk Kepala - jenis burung merpati tinggian yang bagus


2. Bola Mata Merpati Tinggian
Bola mata sangat erat menentukan bagaimana si burung tersebut terbang ke target dengan cepat, pada umumnya bola mata yang baik pada merpati haruslah responsive terhadap cahaya, untuk mengujinya  bila terkena paparan sinar matahari maka Pupil harus mengecil, ingat mengecil bukan setengah – setengah, bila tidak segera ganti burung yang lain.

Mata juga memperlihatkan bagaimana kondisi burung tersebut sehat atau tidak.
Mata - jenis burung merpati tinggian yang bagus
Mata - jenis burung merpati tinggian yang bagus


3. Leher Merpati Tinggian Yang Bagus
Ciri merpati tinggian yang sangat baik dalam akurasi target pendaratan biasanya terlihat pada lehernya, burung merpati tinggian yang baik memiliki postur leher seperti angka “2” yang terkesan kuat.
Leher - jenis burung merpati tinggian yang bagus
Leher - jenis burung merpati tinggian yang bagus


4. Badan
Bila dilihat dari bentuk postur badan juga memberikan keuntungan pada sisi pendaratan yang kencang, bentuk tubuh pada merpati tinggian yang bagus adalah ringan, empuk di pegang dan berbentuk seperti jantung pisang atau huruf V.
Badan - jenis burung merpati tinggian yang bagus
Badan - jenis burung merpati tinggian yang bagus


5. Sayap
Bila dilihat dari segi sayap, juga memberikan keuntungan pada keseimbangan bersamaan dengan kualitas kecepatan saat di udara hingga turun. Bila pada merpati memiliki sayap yang kaku, maka kecepatan saat menurun akan lemah, hal ini di akibatkan karena burung tersebut mengetahui tingkat keseimbangan masing – masing.

Berikut ini ada beberapa pertimbangan pada sisi sayap, karena sangat penting :
  • Kerapatan Lar. Berfungsi untuk melancarkan angin saat menerpa angin, tidak semua burung merpati tinggian memiliki bentuk sayap yang sama, ada yang bolong yang dapat membuat burung cepat lelah. Seperti pada permainan layang – layang, semakin lubangnya melebar, maka semakin tidak imbang ataupun pelan dalam menerjang lawannya, ataupun bisa cepat dalam menerjang bila menariknya juga sangat cepat yang dapat membuat pemain keletihan.
  • Ukuran Lar Dan Bentuknya. Sebaiknya dalam memilih sayap, usahakan yang berbentuk bulat dan diameternya oval. Saya sendiri kurang mengetahui kelebihan masing – masing dari 4 jenis bentuk sayap, namun para pemelihara merpati tinggian selalu memilih yang ideal yaitu bulat, dan lebar. Untuk yang memakai runcing sepertinya harus mengkombinasikan dengan beberapa kriteria dari merpati agar cocok dalam menerjang angin.
Sayap - jenis burung merpati tinggian yang bagus
Sayap - jenis burung merpati tinggian yang bagus

Berikut ini 4 jenis sayap :
a.Diameter kecil dengan ujung runcing
b. diameter kecil dengan ujung bulat
c. diameter lebar dengan ujung bulat
d. diameter lebar dengan ujung runcing

5. Ekor
Untuk jenis merpati tinggian yang baik pada sisi ekor sebaiknya pilih yang rapat tidak ada lubang renggang karena akan mempengaruhi keseimbangan sayap, seperti layaknya baling – baling kecil pada helikopter.
Ciri yang kedua pada ekor adalah menekan kebawah, menatap lantai bila di tegakkan di atas lantai, karena akan lebih bagus.
Ekor - jenis burung merpati tinggian yang bagus
Ekor - jenis burung merpati tinggian yang bagus

6. Kaki Merpati Tinggian Yang Bagus
Sebaiknya pilih kaki yang bersisik dan sangat panjang serta jari – jarinya, hal ini sangat baik pada saat pendaratan cepat. Terlihat juga pada kaki yang panjang memiliki tulang yang kuat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar